ARTIKEL

Rabu, 16 Oktober 2013 | Dibaca 643 kali | Kembali

Jangan Takut Bicara Bahasa Asing

Kemampuan generasi muda dalam menguasai bahasa asing khususnya Bahasa Inggris harus didorong terutama keberanian dalam berbicara. Selama ini pelajaran Bahasa Inggris lebih banyak pada tata bahasa (grammar) sehingga menyisihkan bicara.

Hal itu dikatakan Director of Security and Business Services at British Petroleum (BP), Dinant Natanegara, di Masjid Perguruan Muhammadiyah Antapani, Sabtu (12/10).

"Karena bahasa amat jarang dipraktikkan membuat saya tak bisa berbicara Bahasa Sunda. Padahal saya asli orang Sunda," katanya.

Demikian pula dengan penguasaan bahasa asing yang takkan bisa dilakukan apabila tidak dipaksa untuk bicara. "Kuncinya pada kepercayaan diri, be confidence, dalam bicara. Jangan takut salah atau khawatir salah dalam tata bahasa," katanya.

Selain penguasaan bahasa asing, kata Dinant, maka aspek spiritual atau kecerdasan spiritual juga penting. "Hidup harus ada keseimbangan antara kecerdasan otak atau akademik, emosional, dan spiritual. Demikian dalam bekerja juga harus seimbang untuk kepedulian sosial," katanya.(


Diposting oleh Administrator (Sumber: Pikiran-Rakyat.com)