BERITA

Jum'at, 02 November 2012 | Dibaca 668 kali | Kembali

Meneladani keluarga Nabi Ibrahim

Suasana saat distribusi daging hewan kurban.

Bertempat di lapangan upacara kampus BPI jl. Burangrang No. 8, sholat Idul Adha 1433 H berlangsung. pelaksanaan sholat Idul adha 1433 H yang bertepatan dengan tanggal 26 Oktober 2012 kali ini dihadiri oleh sekitar 700 orang 

yang terdiri dari pengurus yayasan BPI,para guru dari seluruh unit di BPI, para siswa-siswi BPI serta masyarakat umum yang berada di sekitar kampus BPI.
 
Dipimpin oleh Bpk Drs. H Abd. Rozak, tepat jam 6.15 sholat dilaksanakan dalam suasana yang hening dan khidmat. usai sholat, khatib memberikan khutbah ied yang bertema Iman yang kuat akan menghasilkan amal yang hebat dan meningkat. Dalam khutbahnya khatib berpesan kepada seluruh jamaah agar kita meneladani perjuangan yang telah dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS. Contoh teladan yang bisa kita ambil dari keluarga Nabi Ibrahim adalah ketika datangnya perintah Allah untuk menyembelih Ismail, satu-satunya anak yang telah lama Ibrahim dambakan. Namun karena cintanya kepada Allah melebihi segalanya, maka Ibrahim merelakan putranya Ismail untuk disembelih, yang pada akhirnya Allah menyelamatkan Ismail dengan cara menggantinya dengan seekor qibas.
 

Khatib berpesan bahwa kita harus mempunyai iman yang baik karena iman yang baik diibaratkan pohon yang mempunyai akar yang kuat kemudian batangnya menjulang ke angkasa yang bisa mendatangkan hasil2 bagi kepentingan orang lain. kalau misalnya kita menanam buah bukan hanya untuk manusia saja tapi mungkin binatang2 yang lain juga ikut menikmati dari tumbuhnya pohon tersebut.

 
Selain itu khatib menjelaskan bahwa ibadah kurban yang dilaksanakan hari ini merupakan bagian dari hablum minannas, yaitu hubungan antara manusia dengan manusia. karena dengan adanya ibadah kurban ini akan mendatangkan kesejahteraan bagi manusia. Suasana saat pemotongan daging hewan kurban untuk didistribusikan.
   
Acara kemudian dilanjutkan saling bersalam-salaman dengan seluruh jamaah yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Penyembelihan dan Pendistribusian Hewan Qurban/Sodaqoh Qurban bertempat di Halaman depan dan Basement Kampus BPI disaksikan oleh seluruh peserta Sholat Idul Adha terutama yang menitipkan Hewan Qurbannya. Sedangkan Pengurusan Hewan Qurban setelah penyembelihan oleh ahlinya dilaksanakan oleh Guru, Karyawan, Pengurus OSIS dari tiap unit, Anggota Garda Mentor Bintalis dari mulai pencacahan, penimbangan, pengantongan dan pendistribusian pada perwakilan yang mengajukan. Adapun Hewan yang disembelih dari Hewan Qurban dan Sodaqoh Qurban sebanyak 9 ekor sapi dan 6 ekor kambing yang didistribusikan pada masyarakat yang telah mengajukan permohonannya sampai hari jumat sore. Panitia merealisasikan 3.200 kantong dari 5.184 kantong yang mengajukan melalui perwakilannya dari berbagai daerah yang mengatasnamakan perwakilan panti dan tokoh masyarakat.
 

Dari data Hewan Qurban dan Sodakoh Qurban siswa yang terhimpun oleh panitia adalah :

  1. Hewan Qurban berjumlah 5 ekor Sapi dan 4 ekor kambing yang berasal dari:
  • Siswa.
  • Guru
  • Kepala Sekolah
  • Pembina Yayasan BPI
  • Pengurus Yayasan BPI
  • Habibati Yayasan BPI
  • Keluarga Guru
  • Alumni
  • Pensiunan Guru BPI
  • 2.  Hewan Sodaqoh Qurban berjumlah 4 ekor sapi dan 2 ekor kambing yang

          berasal dari Sodaqoh Qurban unit :

     

    No.SodaqohJumlah
    1. TK BPI Rp. 4.390.000
    2. SD BPI Rp. 24.000.000
    3. SMP BPI 1 Rp. 14.100.000
    4. SMA BPI 1 Rp. 20.100.000
    5. SMA BPI 2 Rp. 7.745.000
    6. SMK BPI Rp. 1.975.000
    7. Hajji BPI Rp. 1.100.000
    8. Alumni 92 SMA BPI 1 Rp. 2.000.000

    jazakallahu khairan. Mudah mudahan Amal Ibadah yang berqurban dan bersodaqoh qurban mendapat balasan dan penggantian rizki yang lebih dari Alloh SWT.


    Diposting oleh Administrator